Penjelasan Lengkap Tentang Sablon Plastisol

Kembali lagi dengan Abyad Apparel Pro, kali ini Abyad Apparel Pro akan membahas tentang Plastisol. Eh? Plastisol? Apasih itu?

Plastisol ini enggak luput dari dunia sablon menyablon, karena ini adalah salah satu tinta yang digunakan untuk menyablon. Disebut plastisol karena bahannya yang memang seperti plastik. Sablon Plastisol biasanya lebih mahal daripada sablon rubber, karena memang harga jual tintanya yang cukup tinggi membuat sablon jenis ini relatif mahal.

Walaupun sablon plastisol memiliki harga yang sedikit mahal, namun sablon jenis ini menjadi favorit para vendor sablon. Kenapa? Karena tinta ini sifatnya bandel ( Tidak cepat kering di screen ) berbeda dengan sablon rubber yang biasanya didiamkan sebentar akan langsung kering di screen. Sablon Plastisol tidak bandel karena oily base, tinta plastisol adalah tinta yang berasal dari minyak. Lebih tepatnya adalah resin poly vinyl chloride atau PVC serta plasticizer. Walaupun tinta ini bandel, namun saat diaplikasikan di kaos tinta ini akan langsung menempel.

Nah, setelah mengetahui tentang tinta plastisol. Selanjutnya kita akan bahas tentang apa saja sih jenis tinta plastisol yang beredar pada pasaran.

  1. Plastisol Color Mixing System.

Tinta plastisol jenis ini terdiri dari beberapa warna yang dapat dicampur satu sama lainnya menjadi satu dari untuk menghasilkan suatu warna tertentu.

Plastisol Color Mixing System umumnya tersedia dalam 5 pilihan warna primer, yaitu :

– warna putih

– warna hitam

– warna merah

– wana kuning

– dan warna biru

Pencampuran dari warna-warna primer inilah yang nantinya akan menghasilkan warna sekunder yang dikehendaki.

Namun demikian di pasaran terdapat juga plastisol warna-warna lainnya, seperti : fluorescent merah, kuning, biru, pink, dan ungu.

 

  1. Process Inks.

process ink

Plastisol jenis ini umumnya digunakan untuk penyablonan separasi dengan cara wet on wet ( basah ditimpa basah). Di pasaran plastisol Process Inks umumnya tersedia dalam pilihan warna Cyan, Magenta,Yellow, dan Black.

 

  1. Tinta plastisol Putih

Tinta plastisol putih umumnya digunakan sebagai tinta dasar (underbase), atau juga digunakan untuk penyablonan yang berwarna putih.

 

  1. Tinta Plastisol Clear atau bening

plastisol clear

Tinta plastisol clear atau bening ini umumnya digunakan sebagai media glitter, metalic,caviar beads, dan lain sebagainya.

Sablon tinta plastisol juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, lalu apa ajasih kelebihan dan kekurangan tinta yang satu ini?

Keleblihan Dan Kekurangan Sablon Tinta Plastisol

Sablon plastisol merupakan sablon yang sangat awet dan mempunyai detail yang bagus. Jenis sablon yang bisa dibandingkan dengan sablon plastisol adalah sablon rubber. Dimana sablon rubber sangat lazim dipakai untuk sablon baju anak karakter. Perbandingan antara sablon rubber dan sablon plastisol adalah :
1. Sablon plastisol merupakan sablon oil based, sedangkan sablon rubber adalah jenis sablon water based. Oleh karena itu sablon plastisol sangat awet, di cuci berkali – kali bahkan sampai kaosnya jebol juga akan tetap bagus tanpa retak. Sedangkan sablon jenis rubber akan retak dalam waktu 3 – 4 bulan.
2. Kualitas sablon jauh lebih mantap plastisol
3. Plastisol merupakan standar sablon clothing negara maju
4. Kelemahan plastisol akan rusak bila di setrika, plastisol akan meleleh bila di setrika. Sablon rubber juga akan rusak bila di setrika tetapi tidak separah sablon plastisol. Oleh karena itu, sablon plastisol memiliki cara khusus dalam menyetrikanya
5. Harga sablon plastisol lebih mahal di banding sablon rubber.

Diatas adalah penjelasan tentang plastisol dan juga kelebihan dan kekurangannya. Sablon satu ini bisa menjadi pilihan buat kalian yang memang mau hasil sablonnya awet, loh! Eits, sablon rubber juga sebenarnya bagus kok, namun untuk daya tahan lebih tahan sablon plastisol.

Setiap sesuatu ada masing masing kelebihan dan kekurangannya. Mungkin yang menjadi pembeda adalah bagaimana pilihan kita.

Mungkin setelah membaca ini, kalian ingin mencari jasa sablon plastisol? Abyad Apparel Pro bisa! Abyad Apparel Pro bisa menjadi vendor bisnis kalian juga, loh! Abyad Apparel Pro menyediakan jasa sablon rubber dan plastisol dan pastinya manual dengan menggunakan bahan – bahan berkualitas sehingga produk yang dihasilkan akan bermutu tinggi. Bukan hanya itu, Abyad Apparel Pro juga melayani jasa jahit seperti kaos, seragam, gamis, kemeja, mukena bahkan totebag.

Tunggu apalagi? Ayo gunakan jasa Abyad Apparel Pro! Apabila kalian berminat da nada pertanyaan lebih lanjut bisa langsung menghubungi 081314460770 atau bisa kunjungi workshop kami langsung ke alamat: JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.
 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.