Penjelasan Lengkap Tentang Printing Sublime

Halo pembaca, kembali lagi dengan Abyad Apparel Pro. Apa kalian pernah mendengar kaos printing sublime? Menurut kalian, apasih teknik sublime itu? Dan apa aja sih kelebihan dan juga kekurangan kaos sublime?

Pada kesempatan kali ini, Abyad Apparel Pro akan menjelaskan tentang sedikit kaos printing sublime ini.

Jadi, printing sublime/transfer file adalah sebuah metode percetakan dari gambar digital (berupa file ) dan bisa langsung dicetak ke berbagai media, biasa disebut transfer printing atau pemindahan desain dari kertas ke kain menggunakan sebuah mesin printer khusus dengan tinta yang khusus pula. Tinta yang digunakan berbeda dengan tinta yang digunakan dengan printer pada umumnya

Sablon digital dengan printing sublimasi menggantikan cara tradisional di bidang percetakan tekstil atau produk produk garmen. Kemunculan teknik sablon digital ini disambut positif karena berbagai macam alas an, diataranya efisiensi biaya, kemudahan operasional, dan fleksibilitas penggunakan pada berbagai media cetak tekstil.

Inovasi sablon digital ini mungkin bisa terbilang selangkah lebih maju daripada sablon manual (Silk screen printing) karena efisiensi waktu dan juga detail warna yang lebih full color membuat sablon ini bisa menjadi pilihan selain sablon manual.

Percetakan sublimasi ini adalah teknologi cetak dengan menggunakan tinta sensitive panas. Tinta ini berubah menjadi gas di bawah pengaruh panas. Bahan yang sering digunakan untuk percetakan ini biasnya menggunakan bahan polyester. Tinta sublimasi tidak langsung ditembakan ke tekstil, teteapi dicetak ke transfer paper lalu kemudian dipindahkan ke kaos dengan heatpress. Dengan proses pengepresan makan tinta sublime menjadi  bagian dari struktur material tekstil.

Nah, diatas adalah penjelasan sedikit tentang pengertian printing sublimasi. Selanjutnya kita akan bahas tentang apa ajasih alat-alat yang dipakai untuk printing sublimasi ini? Daripada penasaran mendingan langsung simak aja, ya!

Printer Dan Tinta Sublimasi

Printer dan tinta sublim

Pada umumnya semua printer bisa digunakan untuk kebutuhan percetakan sublimasi. Namun, daya tahan komponen printer yang biasa digunakan untuk kertas dengan ink waterbased tentu berbeda dengan tinta dye base sublimation. Karena itu untuk produksi yang berkala, percetakan sublimasi khusus yang dirancang sesuai kebutuhan tekstil. Kekhususan printer sublimasi diantaranya terletak pada printheadyang adaptable dengan tinta sublime (dye sublimation ink) yang berbasis minyak.

Sostware RIP  

Printer yang digunakan untuk printing sublime harus ada software RIP (Raster Image Processor) untuk mengelola input gambar menjadi output sesuai desain yang diinginkan. RIP merupakan proses pracetak yang menentukan kualitas hasil cetak desain menjadi cerah dan lebih hidup. Fungsi RIP sendiri adalah sebagai pengatur gambar yang akan di konversi menjadi semprotan tinta CMYK/CMYO.

Kertas Transfer/Sublimasi

kertas sublimasi

Setelah alat-alat penting seperti printer, tinta dan juga softwarenya pasti kita perlu media untuk merealisasikannya. Kertas transfer ini digunakan untuk menampung tinta yang sudah berbentuk grafis visual untuk dipindahkan ke media tekstil.

Kertas transfer yang bagus biasanya harus memiliki daya serap tinta yang tinggi dan cepat kering. Kertas transfer ini juga tidak boleh bergelombang ketika  ditimpa tinta sublime saat proses cetak berlangsung.

Heatpress

mesin hot press

Orang-orang juga biasanya menyebutkan mesin hotpress. Mesin ini adalah mesin panas untuk memindahkan grafis dari kertas transfer ke bahan tekstil dengan metode pemanasan dan penekanan (pressing). Untuk suhu yang digunakan mesin heatpress biasanya 180C. alat ini juga biasnaya dipakai untuk finishing sablon manual atau DTG.

Semua usaha pasti ada plus dan minusnya, sama halnya seperti printing sublime ini. Printing sublime memiliki beberapa kelebihan dan kekurang, berikut ini adalah poin-poin plus dan minus dari printing sublime:

Plus

  1. Warna yang dihasilkan lebih banyak dan variatif
  2. Proses pengerjaan lebih cepat karena menggunakan metode transfer paper.
  3. Lebih cepat kering setelah proses pengepressan dengan mesin press digital.
  4. Desain bisa satu kaos full atau full printed.

Minus

  1. Bahan kaos hanya bisa menggunakan kaos polyester (PE, jersey, dl)
  2. Warna dan kualitas yang dihasilkan bergantung pada kualitas kertas transfer
  3. Biaya produksi relatif mahal karena biaya tinta dan kertas yang relatif mahal.
  4. Tidak direkomendasikan yang ingin membuat kaos low budget.

Kalian mungkin penasaran kaos sublime tuh kaya gimana sih? Nah, dibawah ini adalah contoh kaos sublime.

 

Sekian artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian dan juga bermanfaat. Eits, Abyad Apparel Pro bisa juga loh membuat kaos kaos olahrga yang biasa dipakai oleh sublime. Jika kalian berminat bisa langsung menghubungi 085283830660 atau bisa kunjungi workshop kami langsung ke alamat: JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.