Pengenalan Kaos Olahraga Dan Bahan Yang Dipakai

 

Kaos olahraga anak, kaos olahraga tidak lepas dari pakaian sekolah anak. Bagaimana tidak? Kaos olahraga ini merupakan salah satu kaos penting yang dipakai untuk kelancarannya kegiatan materi pembelajaran olahraga dalam hal praktik. Kaos olahraga di desain dengan variasi warna dan model, dari lengan pendek hingga lengan panjang dan juga dari celana pendek hingga celana panjang.

Sekolah sekolah biasanya menggunakan jasa konveksi untuk membuat kaos yang satu ini. Kalian tau enggak sih, biasanya bahan apa yang dipakai untuk membuat kaos yang satu ini?

Oleh karena itu, Abyad Apparel Pro akan menjelaskan sedikit tentang bahan yang dipakai oleh kaos olahrga ini. Namun, sebelum itu kita simak dulu yuk arti dari kaos olahraga ini!

Kaos olahraga sebenarnya tidak memiliki arti khusus, kaos olahrga sama seperti kaos pada biasanya. Namun, kaos ini identik sedikit panas karena bahan yang digunakan adalah bahan Polyester. Polyester? Apa itu? Nah, kali ini Abyad Apparel Pro akan menjelaskan bahan polyester secara dalam. Simak terus artikel ini ya!

Polyester, ada yang pernah tau bahan kaya gimana sih ini? Mungkin sebenarnya, bahan ini ada di salah satu pakaian kalian namun mungkin kalian tidak sadar akan bahan ini. Jika kalian memiliki kaos olahraga atau kaos field trip, pasti kaos tersebut menggunakan bahan ini.

Lalu, kalian tau gak sih bahan polyester tuh bahan kaya apa? Bahan Polyester adalah bahan sintetis, Kain polyester sudah pasti menggunakan bahan dari serat polyester. Lalu, apasih serat polyester itu? Serat polyester adalah serat buatan yang sama halnya dengan rayon. Namun, walaupun sama sama serat buatan, serat polyester dan rayon sungguh berbeda. Bahan polyester sendiri, umumnya dari potreleum atau minyak bumi, sedangkan untuk rayon terbuat dari selulosa yang berasal dari tumbuhan.

Serat polyester melewati serangkaian reaksi kimia yang cukup rumit. Yang mana dibuat dair potreleum atau minyak bumi, batu bara, udara dan air. Potreleum atau minyak bumi agar bereaksi menggunakan produk sampingan alcoholdan carboxyl acid yang mana senyawa tersebut disebut dengan istilah “A monomer” atau “Ester” ini berlangsung pada suhu yang tinggi dalam ruang hampa, yang mana dimaksud dengan istilah polymerisasi.

Setelah melewati serangkaian proses yang rumit, maka bahan-bahan tadi akan terbentuk menajdi serat polyester.

Selanjutnya, apabila serat mau digunakan sebagai benang Polyester, maka beberapa filament digabung menjadi satu kemudian dipintal menjadi benang .

Kembali lagi soal kaos olahraga, kenapa rata-rata kaos olahraga menggunakan bahan ini daripada bahan lain seperti cotton?

Nah, kebanyakan kaos olahraga mengunakan bahan ini karena bahan polyester adalah bahan yang relatif murah. Meski melewati proses reaksi yang cukup lama, namun bahan ini masih termasuk bahan yang murah dibandingan dengan bahan cotton. Kelebihan lainnya, bahan polyester tidak mudah menyusut. Bahan polyester cukup aman dicuci berkali kali karena bahannya tidak mudah susut, tidak seperti bahan yang berasal dari alam seperti cotton, silk dan wool.

Setelah tau kelebihan dari bahan polyester, pasti setiap bahan punya kekurangan juga, kan? Nah, sama halnya dengan bahan polyester. Walaupun terbilang murah dan tidak mudah menyusut, namun bahan ini cukup panas digunakan dan tingkat daya serap keringatnya cukup minim.

Setelah membaca ini, mungkin kalian bertanya, kenapa sih kaos olahraga cenderung menggunakan bahan polyester daripada cotton? Nah, kaos olahraga sebenarnya di desain khusus untuk kegiatan berolahraga dan banyak gerak, namun kenapa masih menggunakan bahan polyester yang minim menyerap keringat?

Cotton memang daya serap keringatnya bagus dan tinggi, namun bahan cotton sendiri lebih banyak dijadikan sebagai kaos polos, sablon dll. Cotton tidak terlalu cocok digunakan sebagai kaos olahraga dikarenakan daya serap keringatnya yang cukup tinggi membuat si pemakai kaos dari cotton akan dengan jelas kaosnya basah karena keringat dan pastinya kaos akan lebih berat ketika semua keringat diserap oleh pakaian, yang akan berdampak dalam kelangsungan kegiatan olahraga. Berbeda dengan polyester, walaupun minim menyerap keringat namun bahan ini tetap nyaman digunakan untuk kelancaran olahraga.

Diatas adalah penjelasan sedikit tentang kaos olahraga dan juga bahan yang digunakan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.

Eits, mungkin beberapa dari kalian tertarik untuk membuat kaos olahraga? Abyad Apaprel Pro bisa menjadi pilihan. Abyad Apparel Pro menggunakan bahan polyester berkualitas sehingga pakaian yang dihasilkan memiliki mutu yang tinggi. Abyad Apparel Pro juga melayani jasa jahit kaos, kemeja, seragam, celana, mukena, gamis dll bukan hanya jasa jahit, namun Abyad Apparel Pro juga melayani jasa sablon. Jika ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi kontak  085283830660 atau bisa kunjungi workshop kami langsung ke alamat: JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.