Mengenal Tentang Kaos Baju Muslim Dan Bahan Bahannya

Kalian pernah gak sih ngeliat laki-laki pakai baju koko atau baju muslim? Pasti pernah dong ya! Di masjid atau dimanapun pasti kalian pernah ngeliatnya. Sebagai muslim yang baik, biasanya baju muslim dipakai hanya untuk shalat atau sekedar kumpul kumpul di majelis ta’lim. Bener gak?

Tapi, dijaman yang apa-apa sudah modern ini. Merupakan sebuah peluang besar pagi para pemilik brand baju untuk mengeluarkan kaos muslim. Kaos muslim? Apasih itu? Emang beda ya dari baju koko atau muslim? Mungkin itu yang ada dipikiran kalian sekrang, untuk itu kita buat artikel ini supaya kalian tau, apasih yang dimaksud kaos muslin itu. Sebelum itu, ada loh jasa jahit kaos muslim dengan harga terjangkau. Tapi, kita simak artikel ini dulu, yuk!

Seperti yang kita tau, era ini sudah modern. Banyak sekali orang orang menguarkan ide-ide baru, agar dibilang tidak ketinggalan jaman. Seperti halnya bisnis pakaian sudah banyak sekali da nada dimana mana, dikarenakan pakaian sendirii merupakan kebutuhan primer atau kebutuhan yang dibutuhkan paling utama, pakaian termasuk kategori sandang.

Baju muslim pun termasuk kebutuhan utama, tapi apa kalian tau sebenarnya baju muslim bisa jadi baju trendy juga loh! Ya, namanya disebut kaos muslim. Kenapa sih disebut kaos muslim? Disebut kaos muslim karena bahannya sama saja dengan kaos atau bentuknya sama saja dengan kaos yang biasa kita pakai, bedanya hanya terdapat pada panjang baju dan juga saku baju itu sendiri. Gimana sih bentuknya kaos muslim itu?

Nah, diatas adalah gambar kaos muslim. Memang sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikat dari desainnya, yang membedakanya memang hanya terletak pada bahan yang digunakan. Kaos muslim menggunakan bahan yang biasanya digunakan pada kaos. Kaos muslim ini cocok digunakan pakaian sehari hari dan non-formal.

BAHAN BAHAN YANG BIASANYA DIGUNAKAN BAJU KOKO DAN KAOS MUSLIM.

Kalian pasti bertanya, apa saja sih bahan yang dipakai bubat membuat kedua produk ini? Bahan untuk baju koko atau kaos muslim memang bersifat adem sehingga nyaman untuk dipakai. Yuk simak apasih perbedaan bahan yang dipakai dair 2 produk ini?

Baju koko biasanya menggunakan bahan yang disebut Toyobo dan Katun supernova. Bahan seperti apasih itu?

KAIN TOYOBO

Kain ini merupakan kain yang berasal dari jepang. ada banyak kain jenis ini yang sudah beredar di pasaran. Eits, jangan salah pilih ya! Karena sekarang kain ini banyak sekali yang kwnya loh. Banyak sekali tiruannya seperti namanya yang diganti jadi toyoboo, tooyobo atau bahkan foyobo. Sudah signifikan kan bedanya? Jadi jangan sampai kalian salah pilih ya. Karakteristik kain ini gimana sih? Jadi, kain toyobo ini sebenarnya kain yang tidak memiliki tekstur khusus seperti linen. Kain toyobo ini kualitasnya bisa dibilang diatas kain katun supernova. Bukan hanya itu, kain toyobo harganya juga relaitf terjangkau, loh!

KAIN KATUN SUPERNOVA.

Setelah baca kata itu, pasti kalian takjub ya? Namanya wow banget, iya nggak? Meskipun kualitasnya dibawah kain Toyobo, ini enga menjadikan kain supernova jadi kain yang buruk loh. Walaupun harganyamurah, namun bahan yang satu ini memliki karakteristik yang adem, nyaman juga menyerap keringat.

Lalu untuk kaos muslim itu sendiri, apa sih bahan yang dipakai? Biasanya kaos muslim umumnya menggunakan bahan bahan kaos seperti cotton combed, cotton carded dan cotton pique lacoste. Apa yang beda ya dari ketiga bahan itu? Nah, disini Abyad Apparel Pro akan menjelaskan secara singkat tentang  ketiga bahan ini.

COTTON COMBED

 

cotton combed nyaman sekali dipakai walaupun harganya sedikit mahal dari Cotton Carded. Ada beberapa jenis bahan cotton combed yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin besar angkanya, semakin halus dan tipis bahannya, dan semakin mahal pula harganya. Untuk kaos distro umumnya menggunakan jenis 20s dan 30s, sedangkan untuk jenis lainnya, biasanya dipakai untuk item dengan design tertentu, seperti kaos khusus wanita atau pakaian dalam, disesuaikan dengan karakter bahannya.

COTTON CARDED

Seperti halnya bahan cotton combed, bahan cotton carded memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, dll, berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutnya. Hanya saja serat benang yang digunakan dalam bahan cotton carded ini kurang halus. Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. Umumnya bahan cotton carded ini digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, karena harganya relatif murah dibandingkan cotton combed. Cotton carded memiliki tekstur kurang halus namun tetap nyaman dipakai karena terbuat dari 100% serat kapas alam.

COTTON PIQUE LACOSTE

Berbeda dengan jenis kain jersey, bahan kaos Pique atau Lacoste memiliki tipe rajutan yang tidak padat sehingga menyerupai pori-pori.  Jenis kain ini lazim digunakan untuk pembuatan kaos kerah atau polo shirt dengan berbagai macam pilihan warna yang tersedia.  Untuk pembuatan kaos kerah, biasanya dilengkapi dengan kerah pada bagian leher dan manset pada lengannya.  Secara umum pembuatan kaos kerah menggunakan kerah jadi, yaitu bentuk kerah yang sudah jadi dan diproduksi oleh pabrik sehingga tinggal menjahitnya saja.  Namun tidak menutup kemungkinan juga mengaplikasikan jenis kerah yang dibuat sendiri oleh penjahit menggunakan bahan yang sama seperti kaos polo tersebut dengan penambahan kain keras di dalamnya.  Tentu tipe kerah yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera pasar dan ketersediaan bahan yang ada.

Dengan karakteristik bahan yang berpori, maka tidak semua teknik sablon bisa diaplikasikan pada jenis kain tersebut karena permukaan kainnya yang tidak rata.

Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan yang dipakai untuk kedua produk tersebut, namun diatas adalah sebagain bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos tersebut. Bagaimana artikel diatas? Sudah bisa dimengerti dan dipahami? Atau kalian ingin mencoba memulai bisnis kaosnya? Abyad Apparel pro bisa membantu kalian! Jika ada pertanyaan, bisa langsung hubungi  085283830660 atau bisa kunjungi workshop kami langsung ke alamat: JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.