Mengenal Lebih Dalam Arti Sablon Beserta Teknik Dan Alatnya.

Sablon, dijaman yang sudah modern ini. Banyak sekali perubahan pada pola kerja manusia. Terlebih lagi, apa-apa sekarang sudah serba digital. Dikit dikit pasti dikerjakan dengan computer atau mesin. Tapi, apa kalian tau? Sablon manual masih diminati pada era digital ini. Walaupun mungkin beberapa mungkin lebih memilih beralih pada sablon digital namun sablon manual masih tetap menjadi pilihan semua kalangan. Sablon manual tidak tertinggal jaman, karena sablon manual sendiri biasanya lebih kuat disbanding sablon digital. Biasanya tukang sablon manual memerlukan konsentrasi yang tinggi agar hasil sablon rapi dan bagus.

Atau mungkin kalian ingin tau warna apa aja sih yang biasanya ada pada sablonan kaos? Semua warna bisa menjadi bahan dasar warna kaos. Tapi apa kalian pernah tau  ada jasa sablon kaos tinta emas dan silver? Dua warna premium itu bisa menjadi pilihan warna sablon kalian yang ingin tampil premium.

Sebelumnya, kalian udah tau belum arti atau maksud dari sablon itu sendiri? Kalau belum, ayo simak artikel dibawah ini!

APA ITU SABLON?

Sablon adalah sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Dengan bantuan screen sablon dan rakel sablon dalam proses pengerjaannya.

Keunggulan dari teknik sablon adalah :

  1. bisa mencetak dengan jumlah yang banyak,
  2. hasil relatif stabil,
  3. bisa menghasilkan beberapa efek menarik, mis : glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, dsb.
  4. biaya cetak cukup terjangkau,
  5. fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.

Selain itu, banyak sekali yang berminat untuk mempelajari sablon karena teknik sablon ini cukup mudah untuk dipelajari dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, bila dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya.

Cara kerja teknik sablon

Secara sederhana, proses menyablon dapat di uraikan secara berikut :

  1. pertama – tama kita harus membuat master cetak dengan menggunakan screen sablon yang kita miliki.
  2. untuk itu, kita perlu mengekspose atau mengafdruk screen tersebut.
  3. setelah screen terafdruk sesuai gambar yang kita inginkan, maka kita bisa segera menyablonkan tinta yang sesuai dengan bahan yang digunakan ( misalnya bahan kaos – kita sablon dengan tinta sablon kaos ).
  4. tinta yang kita tuangkan diatas screen sablon yang sudah terafdruk kita dorong dengan bantuan rakel sablon agar dapat tersalurkan melalui lubang kain screen yang tidak terafdruk ( membentuk gambar yang kita inginkan ).
  5. setelah tercetak sempurna dan kita puas akan hasilnya maka kita keringkan tinta tersebut.

Tentu saja proses yang diterangkan diatas hanya ilustrasi sederhana saja. Dalam proses sablon sebenarnya, ada begitu banyak hal dan peralatan yang kita perlukan agar memperoleh hasil sablon yang baik.

Setelah mengetahui maksud dan teknik sablon sendiri, kalian pasti penasaran kan alat-alat apa aja yang dipakai untuk sablon? Oleh karena itu, simak lagi list alat-alat sablon ini, ya!

Tinta Rubber

Tinta rubber atau karet merupakan salah satu tinta yang digunakan pada sablon kaos, tinta rubber yang banyak digunakan adalah waterbase atau larut dalam air. Terdapat banyak merek tinta rubber seperti Matsui, Ant-Ink, LA, GK dan lain sebagainya. Umumnya tiap merk mengeluarkan 3 varian yaitu putih, netral dan trasnparan.

Mesin Hot Press

Alat ini berguna untuk memperkuat hasil sablon. Biasanya hasil sablonan akan di press dengan suhu tinggi hinga beberapa detik, maka hasil sablon akan lebih melekat pada kaos.

Meja Afduk

Meja afdruk screen mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk afdruk screen sablon yang akan kita pakai untuk bekerja, fungsi lainnya adalah untuk melakukan cek film setelah kita cetak dan melakukan perbaikan atas hasil cetak atau print film jika ada masalah.

Lem Meja

Lem meja atau table wax adalah sebuah cairan yang berfungsi layaknya lem stiker, namun memiliki keunggulan tidak menempel atau meninggalkan kotoran di bahan yang kita akan sablonkan. Fungsi utama dari lem meja adalah agar bahan/media yang akan kita sablon tidak bergeser saat kita cetak sablon.

Pigmen Warna

Pigmen warna atau juga sering disebut dengan biang warna adalah zat pewarna yang dipakai untuk memberikan warna yang diinginkan pada tinta-tinta yang berbasis waterbase/air.

Meja Sablon

Mungkin sebagian dari kalian sudah tau fungsi dari meja. Begitupun dengan meja sablon, fungsinya sama dengan meja biasa. Meja sablon fungsinya mendukung proses kerja itu sendiri.

CATOK ATAU ENGSEL SCREEN SABLON

Catok / engsel sablon berfungsi untuk menjepit screen pada meja sablon, sehingga screen tidak akan berpindah posisi saat proses penyablonan

Penguat Afdrukan

Ada kalanya kita memerlukan tambahan kekuatan untuk hasil afdrukan kita, oleh karena itu kita bisa menambahkan penguat afdrukan setelah selesai mengafdruk screen yang akan kita pakai.

Remover Pasta

Remover Pasta atau pasta pembersih obat afdruk adalah sebuah obat pembersih obat afdruk yang berbentuk pasta yang mudah digunakan.

Obat Afdruk

Obat Afdruk digunakan untuk melapisi kain screen dan menghasilkan efek stencil ( lubang bergambar ) melalui sebuah proses photokimia.

Rekel Sablon

Rakel sablon juga terdiri atas 2 bagian, yaitu gagang rakel dan karet rakel.

Gagang rakel berfungsi sebagai pegangan, sedangkan karet rakel berfungsi untuk menyalurkan tinta keluar melewati lubang kain screen.

Screen Sablon

 

Screen sablon adalah salah satu alat utama dalam proses cetak sablon yang akan di gunakan sebagai master cetakan. Screen sablon terdiri dari dua bagian, yaitu frame dan kain screen.

Nah, setelah membaca artikel diatas pasti seenganya kalian sudah ngerti kana pa yang dimaksud sablon itu sendiri juga beserta teknik dan alat-alatnya? Sekarang, mungkin didalam pikiran kalian itu bertanya-tanya, dimana sih tempat sablon yang bagus? Abyad Apparel Pro pilihannya. Menggunakan bahan bahan sablon pilihan dengan harga yang cukup terjangkau, menjadikan Abyad Appare Pro menjadi pilihan utama untuk urusan sablon menyablon. Tidak hanya untuk menyablon, Abyad Apparel Pro juga bisa melayani jahit kaos, seragam, kerudung, gamis dll. Tunggu apa lagi? Bila ada pertanyaan bisa hubungi 085283830660 atau bisa langsung datang mengunjungi workshop kami  di JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419. .

 

 

 

.

.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.