Masker dan Fungsinya

Dalam menyikapi virus Corona Covid 19 yang sampai pada detik ini masih membuat khawatir dan miris dari semua orang, salah satu hal dasar yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah cuci tangan dan menggunakan masker. Namun, ironisnya di Indonesia khususnya masker yang sangat dibutuhkan menjadi langka, ditambah stok yang menipis membuat penjual terkadang gila mata sampai menjual harga maskernya dengan harga setinggi langit.

Salah satu masker yang langka adalah masker bedah, yang normalnya Cuma habis 40-50 ribu per box, sekarang harganya bisa 4 sampai 6 persen harganya. Sedangkan wabah yang diakibatkan virus corona ini semakin meluas. Maka beberapa minggu lalu Bapak Jokowidodo selaku presiden RI, mengumumkan bahwa semua warganya untuk menggunakan masker.

Adapun yang perlu dan wajib kita baca untuk penggunaan masker mempunyai ketentuan masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat perlu tahu bahwa penggunaan masker yang ditunjukan untuk masyarakat umum maupun tenaga medis memiliki jenis dan standar yang berbeda-beda. Berikut tipe dan klasifikasi masker yang perlu diketahui masyarakat berdasarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

  1. Masker Kain

Masker kain meski tidak bisa mencegah 100 %, namun setidaknya dapat digunakan untuk mengatasi kelangkaan masker, dan memberikan masker medis ke orang yang lebih membutuhkan. Masker kain disini pun tidak sembarangan, yang bagus adalah yang dibuat dengan 3 lapis, yaitu lapisan non anyaman tahan air (depan), microfibre melt-blown kain non-anayaman (tengah), dan kain biasa non-tenun (belakaang). Masker kain ini tidak sekali pakai melainkan dapat dicuci dan bisa dipakai lagi, bahan yang digunakan untuk masker biasanya kain katun, scraft, dan lain-lainnya. Penggunaan masker kain cocok digunakan untuk masyarakat umum dalam keadaan sehat, dan dapat digunakan ditempat umum dengan tetap menjaga jarak.

  • Masker bedah 2 ply

Masker 2 ply ini adalah masker yang hanya terdiri dari lapisan (;ayers) lapisan luar dan lapisan dalam tanpa ada lapisan tengah yang berguna sebagai filter. Dengan ciri yang tidak ada filter ini, maka dapat disimpulkan bahwa masker ini tidak efektif untuk menyaring droplrt atau percikan dari mulut dan hidung pemakai ketika batuk. Penggunaan masker ini hanya cocok untuk pemakaian sehari-hari yang tidak menunjukkan gejala-gejala flu atau influenza yang disertai dengan batuk dll, seperti ciri ciri dari virus corona Covid-19.

  • Masker bedah 3 Ply

Masker Bedah memiliki tiga lapisan (layers) yaitu lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air, lapisan dalam yang merupakan lapisan filter densitas tinggi dan lapisan dalam yang menempel langsung dengan kulit yang berfungsi sebagai penyerap cairan berukuran besar yang keluar dari pemakai ketika batuk maupun bersin. Karena memiliki lapisan filter ini, masker bedah efektif untuk menyaring droplet yang keluar dari pemakai ketika batuk atau bersin. Namun lapisan ini bukan merupakan barier proteksi pernapasan karena tidak bisa melindungi pemakai dari terhirupnya partikel airborne yang lebih kecil. Dengan begitu, masker ini direkomendasikan untuk masyarakat yang menunjukan gejala-gejala flu atau influenza yakni batuk, bersin- bersin, hidung berair, demam, nyeri tenggorokan. Masker ini juga bisa digunakann oleh tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan.

  • Masker N95

Masker N95 adalah masker yang lazim dibicarakan dan merupakan kelompok masker Filtering Facepiece Respirator (FFR) sekali pakai (disposable). Kelompok jenis masker ini memiliki kelebihan tidak hanya melindungi pemakai dari paparan cairan dengan ukuran droplet, tapi juga cairan hingga berukuran aerosol. Penggunaan masker ini sangat cocok untuk mengantisipasi virus corona Covid 19, dan direkomendasikan hanya untuk tenaga medis yang memang sering berkontak langsung denga pasien positif corona.

Diatas tersebut adalah beberapa bentuk masker yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan pengertiannya. Jadi jika kita sehat, cukup menggunakan masker kain sebagai antisipasi dan tetap jaga jarak, biarkan masker medis digunakan untuk para tenaga kesehatan yang telah berjuang demi keadaan Negara yang baik pasca Corona. Terus kamu masih bingung gimana dapat masker kain, dengan bahan yang bagus, bisa dipesan satuan ataupun bisa dipesan dengan jumlah yang banyak, kuy langsung mampir ke Abyad Apparel Pro, menerima jasa jahit masker untuk satuan, lusinan, ataupun dalam jumlah banyak. Kualitas dijamin bikin nagih, bbisa dilihat juga di website kami Abyad Apparel Pro. harga murah, kualitas tiada duanya. Mau tau info lebih detail atau mau pesan langsung gampang banget, tinggal SMS/WA di 081314460770.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.