Jenis-jenis Mesin Jahit yang Harus Kamu Miliki di Usaha Konfeksimu

Konfeksi merupakan salah satu bisnis yang menggeluti bidang produksi pakaian dengan sekala banyak.            Bisnis ini lagi marak terjadi di Indonesia karena permintaan pasar yang tinggi namun kompetitornya masih rendah, jadi membuka peluang buat kamu yang mau mengawali bisnis Konfeksi, tidak perlu membuat pabrik garmen, namun dengan membuka Konfeksi rumahan pun bisa kamu jalankan, apa lagi jika kamu bersungguh-sungguh serta ulet dalam menjalankan bisnis ini dan mendapat kepercayaan dari konsumen untung yang kamu dapatkan juga akan banyak.

Namun sebelumnya, alangkah lebih baik jika kamu mempersiapan keperluan-keperluan apa saja yang harus dipenuhi ketika memutuskan membuka usaha Konfeksi. Salah satunya adalah dengan mengenal berbagai macam jenis Mesin Jahit dan fungsinya. Berikut ulasan dari berbagai macam jenis mesin jahit dan fungsinya.

  1. Mesin Jahit High Speed

Seperti nama yang menjadi julukannya adalah mesin jahit high speed, merupakan salah satu dari jenis mesin jahit yang memiliki kecepatan yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan dalam industry garmen atau pun Konfeksi, karena manfaatnya sangat mendukung yaitu dapat menjahit dengan cepat dalam jumlah yang besar. Mesin ini bisa menjahit bahan katun, poliyester bahkan bahan jeans sekalipun. Mesin jahit ini dijuluki high speed karena dinamo yang digunakan berbeda dengan mesin jahit biasanya, yaitu dengan dynamo besar yang kecepatannya mencapai 5000 jahitan per menit.

  1. Mesin Potong Listrik

Jika jahit biasa kita memotong kain dengan satu persatu, namun sekarang hal itu akan menjadi mudah dengan adanya mesin potong listrik. Mesin Konfeksi kaos ini digunakan untuk memotong bahan kaos dalam jumlah banyak. Mesin potong listrik bekerja dengan menggunakan kumparan tembaga sebagai dinamonya, dilengkapi dengan pisau melingkar 45 inci sebagai mata pisaunya.

  1. Mesin Jahit Lubang Kancing

Kancing dan lubang kancing adalah suatu yang mutlak harus ada dalam tipe model pakaian seperti kemeja dan t-shirt. Dengan adanya mesin lubang kancing ini kaamu akan dimudahkan dan dipercepat dalam pembuatannya. Mesin ini digunakan untuk membuat lubang kancing sekaligus memotong sisa benang yang tersisa dari proses tersebut. Namun sayangnya, harga yang ditawarkan cukup mahal dari mesin assembling pakaian jadi lainnya, dikarenakan tingkat kerumitan dan kesempurnaan hasil dari mesin tersebut. Pada beberapa tipe mesin ini, kamu tidak hanya bias membuat lubang kancing saja, namun sekaligus memasangnya.

  1. Mesin Jahit Obras Benang Lima

Mesin ini merupakan salah satu mesin pokok yang paling dibutuhkan dalam proses pembuatan kaos jadi. Mesin Konfeksi kaos ini digunakan untuk mengunci sisa lipatan kaos yang belum terlihat rapi. Sebenarnya mesin obras tersedia dalam beberapa jenis, diantaranya benang 3, benang 4 dan benang 5. Namun yang paling sering digunakan adalah jenis Benang 5 karena lebih efisien digunakan. Hal ini dikarenakan mesin obras benang 5 paling fleksibel dan dapat difungsikan menjadi mesin overlock atau obras dengan benang 3 dan benang 4.

  1. Setrika Uap Bahan Bakar Gas

Ketika pakaian sudah jadi dan berbentuk tahap akhir agar terlihat menarik dan indah dilihat yaitu dengan menyetrikanya. Kamu tidak usah pusing memikirkan pakaian yang baru jadi lantas menyetrikanya satu-satu, karena ada penawaran yang bias meringankan pekerjaan kamu dengan menggunakan setrika uap bahan bakar gas. Fungsi setrika uap pada Konfeksi kaos adalah menghaluskan bahan agar menjadi lebih rapih. Setrika uap dipilih karena menghasilkan panas yang lebih kuat dibandingkan dengan setrika biasa. Selain itu,  manfaat lain yang dihasilkan dari setrika uap bahan bakar gas tidak menimbulkan noda gosong pada kain, walaupun diatur dengan settingan sepanas apapun. Hal ini terjadi karena panas setrika uap berasal dari uap air. Namun biasanya settingan uap paling panas hanya dibutuhkan ketika menyetrika kerah kemeja, atau melipat baju dalam jumlah banyak. Selain itu, harga dan biaya perawatan yang terjangkau membuat banyak Konfeksi kaos dari skala kecil bahkan sampai skala garmen besar menggunakan setrika uap pada tahap finishing kaos yang diproduksinya.

  1. Setrika Uap Listrik

Ada dua penawaran pelican pakaian dalam dunia Konfeksi yaitu dengan setrika uap listrik dan setrika uap bahan bakar gas. Dari dua macam tersebut tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setrika uap listrik pada dasarnya sama dengan setrika uap berbahan bakar gas. Bedanya,uap dari setrika ini dihasilkan dari proses pemanasan air melalui elemen electric panas. Tuas pada setrika uap listrik mempunyai pori-pori pada alasnya untuk mengeluarkan uap panasnya. Setrika uap listrik ini lebih aman digunakan dibanding setrika berbahan bakar gas. Namun sayangnya harganya lumayan mahal dan daya listrik yang digunakan lumayan besar. Selain itu, tekanan pada setrika ini tak sekuat setrika uap berbahan gas.

  1. Mesin Jahit Overdeck

Jika kamu menganggap mesin jahit hanya mempunyai satu jenis saja itu salah, karena sebenernya banyak ragam dan fungsi dari jenis-jenis mesin jahit. Seperti mesin jahit overdeck yang berbeda fungsi dengan mesin jahit high speed. Mesin jahit ini bisa digunakan untuk teknik jahitan tingkat dasar dan tingkat lanjut. Mesin ini walaupun bisa digunakan untuk menjahit bahan dasar kaos juga bisa digunakan untuk menjahit retsleting nilon yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Selain itu mesin jahit ini biasanya digunakan untuk menjahit ujung lengan, ujung bawah baju dan bagian dalam leher. Fungsinya untuk membuat jahitan pada kaos terlihat rapi dan lebih awet. Mesin jahit tipe ini memiliki kelebihan karena mampu meredam kebisingan yang dihasilkan pada saat proses penjahitan berlangsung. Namun demikian mesin jahit ini harus anda rawat dengan servis khusus.

  1. Mesin Jahit Pasang Kancing

Mesin ini hanya berfungsi jika kamu membuka bisnis Konfeksi pakaian selain kaos. Mesin ini menjadi penting jika kita menikirkan berapa waktu yang dibutuhkan jika kamu harus memasang kancing manual. Mesin ini bekerja setelah mesin lubang kancing selesai melubangi bagian tertentu dari pakaian barulah mesin jahit pasang kancing dimulai. Tugas dari mesin jahit ini digunakan untuk memasang kancing secara otomatis di titik kait baju. Mesin ini hanya terbatas penggunaannya pada kancing yang memiliki lubang di tengahnya dan minimal memiliki 2 lubang.engahnya dengan minimal memiliki dua lubang.

  1. Mesin Jahit Serba Guna

Mesin jahit serba guna ini akan memudahkan kamu untuk melakukan berbagai hal dalam dunia menjahit. Namun meski kelebihan yang ditawarkan sangat bagus, seperti  memasang lubang kancing, memasang kancing, menjahit lipatan pergelangan kaki, menjahit biasa, menjahit variasi bahkan sampai membordir manual, mesin ini juga mempunya kekurangan yaitu kekuatan dinamo pada mesin ini masih tergolong sangat kecil, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses dibandingkan dengan mesin jahit industri lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.