Tips Memulai Usaha Jasa Sablon Kaos Jakarta

JASA SABLON KAOS JAKARTA

Sablon, tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun tahukah Anda mengenai asal kata sablon itu sendiri? Kata sablon sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda, yaitu “scablon”. Sablon ini dikenal sebagai sebuah teknik cetak tinta di atas bahan. Bentuk objek yang akan dicetak tentu dapat kita tentukan desainnya sendiri, sesuai selera. Proses pengerjaannya pun menggunakan bantuan screen sablon dan rakel sablon. Kini ada banyak sekali barang-barang yang dapat dijadikan media cetak sablon, mulai dari barang elektronik, kartu undangan, stiker, kaos, spanduk, dan juga aneka kemasan. Khusus yang akan dibahas di sini adalah cetak sablon pada media kaos. Sehingga pembahasannya khusus pada tips memulai usaha jasa sablon kaos Jakarta.

Prospek Bisnis Jasa Sablon Kaos Jakarta

Jasa sablon merupakan layanan jasa pembuatan sablon berbagai macam barang. Teknik sablon yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah jasa sablon manual. Selain stiker ataupun spanduk, jasa sablon yang paling banyak diminati adalah jasa sablon kaos. Apalagi ketika bertepatan dengan waktu kampanye pemilu, tempat jasa sablon kaos bisa jadi kebanjiran pesanan. Omset yang didapatkan bisa jadi berkaki-kali lipat dari hari biasanya. Hal ini dikarenakan sablon kaos masih menjadi sarana promosi bagi para politikus juga sarana promosi berbagai kegiatan dan bisnis. Saat ini ada banyak kegiatan, terutama yang bersifat massal atau melibatkan masyarakat luas. Entah itu aktivitas jalan santai, aksi peduli lingkungan, grup senam, mulai dari tingkat RT hingga nasional, seringkali menggunakan jasa sablon kaos. Dengan demikian, usaha sablon ini cukup menjanjikan.

Dengan melihat prospek bisnis usaha sablon ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulainya. Langkah awal untuk masuk ke dunia penyablonan adalah megetahui peralatan yang dibutuhkan untuk usaha sablon. Peralatan untuk jasa layanan cetak sablon kaos tidaklah rumit, antara lain media cetak yaitu kaos, papan tipleks yang memiliki ukuran selebar kaos, screen atau rangka, dan juga rangka. Untuk lebih detailnya, dapat disimak dalam pembahasan berikut.

Peralatan usaha jasa sablon kaos Jakarta terdiri dari peralatan pokok dan peralatan penunjang. Peralatan pokok terdiri dari screen dan pori-pori atau lubang screen. Melalui adanya screen atau kain gasa (monyl) ini, Anda dapat membentuk gambar di atas media atau barang yang akan disablon. Screen ini merupakan peralatan pokok dalam system percetakan. Selanjutnya screen dibagi menjadi tiga macam, pertama monyl berukuran halus No. 180 T-200 T. Fungsi monyl ini adalah untuk mencetak di atas bahan yang tidak menyerap tinta atau cat seperti kaca, botol, mika, plastik dan seng.

Lalu screen yang kedua adalah monyl dengan ukuran sedang No 120 T – 150 T. Fungsinya untuk cetak di atas bahan yang sedikit dapat menyerap tinta atau cat seperti kertas, karton, kulit dna kayu. Sedangkan monyl yang ketiga ialah monyl yang berukuran kasar N0 60 T – 90 T. Bahan yang digunakan untuk mencetak menggunakan monyl ini adalah bahan yang banyak menyerap tinta atau cat seperti kaos dan kain. Dengan demikian, jenis screen yang ketiga inilah yang cocok untuk memulai usaha jasa sablon kaos.

Selain screen atau monyl, bagian dari peralatan pokok untuk sablon kaos adalah pori-pori atau lubang screen. Agar tidak pecah ketika proses penjemuran, monyl perlu direndam atau dibasahi terlebih dahulu. Proses ini dilakukan sebelum memasang monyl pada kerangka atau alat cetak sablon. Proses pemasangan ini dilakukan ketika monyl dalam keadaan basah, dengan demikian pori-pori screen dapat tembus dilewati oleh berbagai cairan seperti tinta, minyak dan cat. Saat proses pencetakan, kain screen dapat berasal dari berbagai bahan meliputi sutera, serat polyester, katun, nylon, monyl, nital, dan lain-lain.

Apabila monyl dan permukaan atau pori-pori screen telah siap, Anda juga membutuhkan peralatan lain meliputi meja cetak untuk tempat sablon, kerangka alat cetak atau biasa disebut bingkai yang terdiri dari bingkai alumunium dan bingkai berbahan kayu, engsel catok (berfungsi untuk mencegah bergesernya kain saat proses penyablonan), pelapis (berfungsi untuk menyerap kelebihan tinta), rakel (tinta dapat diratakan pada kain atau bahan yang akan disablon menggunakan rakel ini), dan yang terakhir adalah rak susun yang berfungsi sebagai rak jemur atau untuk menaruh hasil sablonan agar terkena angin.

Kemudian, untuk memulai usaha bisnis jasa sablon kaos Jakarta, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan penunjang atau pendukung lainnya. Peralatan tersebut antara lain hair dryer atau kipas angin dan juga alat penyemprot air. Anda juga perlu membutuhkan bahan pra cetak berupa kaporit, ulano, lakban, krim deterjen, dan screen laquer. Sedangkan bahan yang digunakan selama proses cetak sablon antara lain obat, tinta dan juga kian screen berbagai macam ukuran.

Memulai Usaha Jasa Sablon Kaos Jakarta

Sebelum memulai usaha jasa sablon kaos, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama bagi Anda para pemula. Dalam proses pencetakan sablon, terdapat beberapa proses yang harus dilalui, baik pra cetak ataupun pada saat proses cetak hingga pasca cetak. Anda perlu membuat rancangan gambar atau disebut dengan klise positif dalam proses pra cetak. Dalam proses ini perlu diperhatikan bahan pembuatan gambar dan juga cara pembuatan model. Bahan yang digunakan untuk membuat desain gambar dapat berupa kertas, plastik, mika atau plastik film. Hal terpenting saat memilih bahan membuat gambar adalah sifatnya yang transparan. Dalam proses pencetakan, tentu ada bagian yang tidak boleh tembus tinta. Dengan bahan yang transparan, maka bagian ini akan terkena sinar secara menyeluruh pada saat pengeksposan atau penyinaran.

Setelah pembuatan desain gambar selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat model. Ada beberapa cara pembuatan model antara lain cara manual, menggambar langsung pada sreen, lewat setting computer,ataupun fotografi. Untuk cara manual dilakukan dengan menggambar langsung pada kertas. Agar gambar tajam dan jelas, gunakanlah rapido atau drawing pen. Kertas bergambar lalu diolesi minyak kelapa agar menjadi transparan, lalu dibersihkan dan siap untuk pengeksposan. Selain manual, cara pembuatan model juga dapat langsung pada permukaan screen. Bagian screen yang tidak tembus tinta dapat diolesi dengan emulsi yang telah dicampur sensitizer terlebih dahulu. Selanjutnya ada cara yang lebih praktis yaitu setting computer. Model gambar telah dibuat di computer lalu diprint menggunakan printer laser jet agar gambar yang dihasilkan bagus. Selain itu ada pula teknik fotografi. Gambar didesain lewat computer lalu di foto. Cara ini menghasilkan gambar yang berkualitas bagus akan tetapi lebih mahal dan lama. Yuk pesan sekarang di 085715172960

jasa sablon kaos jakarta selatan

Penentuan Harga Usaha Jasa Sablon Koas Jakarta

Kota Jakarta merupakan kota metropolitan yang tentunya sangat strategis untuk dijadikan lokasi usaha. Untuk memulai usaha jasa sablon kaos Jakarta, tentu Anda harus paham bagaimana penentuan harga cetak sablon kaos, baik per biji ataupun lusinan. Penentuan harga sablon ini tentu tergantung dari ukuran kaos yang dipesan. Sebagai gambaran saja, kisaran harga sablon kaos untuk anak-anak adalah antara Rp 35.000 hingga Rp 40.000. Sedangkan untuk orang dewasa berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000, tergantung warna kaos dan juga ukuran kaos mulai dari ukuran S hingga ukuran XXXL. Harga ini tentu sudah termasuk harga kaos dan juga harga sablon. Penentuan harga dapat Anda tentukan sendiri sesuai perhitungan modal yang dibutuhkan dan perencanaan perolehan keuntungan.