Jasa Sablon Kaos Berkualitas Dapat Dilihat dari Bahan Tinta Sablonnya

Siapan yang tidak mengetahui salah satu usaha garment yang saat ini cukup berkembang adalah dengan memberikan jasa sablon. Mnegingat kebutuhan di masyarakat akan sandang yang semakin meningkat melihat banyaknya trend fashion terutama di kalangan anak muda juga mulai bermacam-macam. Hampir seluruh masyarakat memiliki kaos yang di atasnya pasti Anda menemukan adanya gambar yang merupakan hasil sablon. Bahkan saat ini banyak yang memilih seragam dengan berbagan dasar kain kaos sehingga lebih santai dan nyaman di kenakan, baik di golongan pelajar maupun masyarakat luas. Oleh karena itu bukan suatu hal yang mengejutkan jika Anda menemukan banyak orang berlomba-lomba ingin menemukan jasa sablon kaos berkualitas dan tentunya juga menawarkan harga yang cukup miring.

jasa sablon kaos berkualitas

Jika dilihat lebih jauh lagi, banyak faktor yang membuat usaha atau jasa sablon kaos berkualitas banyak dicari seperti banyaknya jumlah produksi yang bsia dihasilkan dan kecepatan pengerjaan barangnya. Karena pada umunnya sablon adalah salah satu cara yang dipilih untuk memproduksi kaos dengan memiliki gambar yang sama. Secara prinsip, sablon adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencetak tinta di atas kain baik secara langsung yaitu manual menggunakan tangan maupaun menggunakan mesin. Hasil produksi sablon yang menggunakan tenik yang bermacam-macam tentunya juga akan mempengaruhi hasilnya nanti. Saat ini Anda bisa memilih cara sablon apapun yang akan Anda gunakan untuk mencetak pada bahan kain atau kaos Anda.

Pada umumnya, bagi mereka yang jasa sablon dengan teknik manual tidak akan asing mengenal berbagai bahan yang biasanya digunakan. Alat-alat ini bisa Anda gunakan jika ingin membuat usaha jasa sablon kaos berkualitas. Mengapa dipilih sablon manual, karena dengan salah satu teknik sablon manual Anda hanya memerlukan usaha yang tidak begitu besar dan bisa dijadikan langkah awal untuk mengumpulkan modal membeli mesin sablon yang lebih canggih lagi. Pada teknik sablon manual ini Anda akan ditemui dengan bahan yang berfungsi sebagai tinta yang dinamakan rubber atau karet GL. Cat atau bahan pewarna yang satu ini memiliki bahan utama yaitu karet. Dengan bahan yang satu ini Anda bisa mendapatkan hasil sablon dengan tinta yang lebih rapat dan elastisitas dari hasilnya bisa dikatakan cukup tinggi yang satu ini terbuat dari kayu dan ada karet yang ada di dalamnya.yang mampu menutup warna kain dengan rapat dan rapi. Biasanya bahan rubber ini dijadikan sebagai warna dasar yang akan menutup permukaan kain sebelum ditambahkan warna lainnya atau membentuk gambar yang lain. Cat yang berbahan karet ini akan membuat kualitas dari kaos yang dihasilkan cukup bagus terutama dari segi hasil sablonnya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan jika kaos yang Anda miliki ini lebih awet dan bisa disetrika. Karena bahan yang satu ini akan mengikuti kelenturan dari kainnya.

Bahan yang kedua yang biasanya dipakai dan akan mempengaruhi kualitas hasil sablonan adalah pigmen. Pigmen sendiri merupakan bubuk yang befungsi sebagai tinta sablon namun memiliki sifat yang meresap ke dalam serat kain. Sayangnya, bahan pigmen ini hanya bisa digunakan untuk kain yang memiliki komposisi warna terang. Jika Anda menggunakannya untuk bahan yang berwarna gelap makan warna yang ada pada pigmen ini tidak akan bisa muncul atau tidak bisa mengalahkan warna serat kain yang gelap tersebut. Sifat pigmen yang menyerap dan tipis ini akan membuat kain yang diberikan warna akan tetap terlihat tekstur dari kain aslinya meskipun sudah disablon. Jika dilihat dari hasilnya, karakter tinta atau cat pigmen ini akan lebih rata dan solid jika dibandingkan dengan cat-cat lain yang bisa digunakan. Cat satu ini coock jika Anda gunakan untuk desain yang lebar ataupun besar pada kaos karena hanya memerlukan jumlah tinta atau cat yang sedikit, banyak jasa sablon kaos berkualitas yang juga menggunakan cat ini untuk memproduksi kainnya. Bahan yang lainnya ada supperwhite yang memiliki karakter hampir serupa dengan cat pigmen yang bisa menembus serat kain namun sifatnya lebih transparan dan bisa diaplikasikan pada kain dengan komposisi warna gelap.

Jika Anda mencari jasa sablon kaos berkualitas, Anda bisa mempertimbangkan sablon yang memberikan hasil akhir yang merekat pada kain dan awet. Jika Anda menggunakan cat yang berbahan plastisol, dimana memiliki tekstur berminyak yang mampu mencetak gambar dengan komposisi yang sangat kecil dan memberikan hasil yang bagus. Sayangnya jika menggunakan tinta ini, tinta tidak akan bisa mengering dengan sendirinya terutama jika suhu berada dibawah 160 derajat, oleh karena ini memerlukan alat tambahan sebagai pengering. Dan jika ditilik, maka bisa dikatakan bahan dan peralatannya memerlukan biaya yang cukup besar. bahan lainnya adalah tinta discharge atau sablon cabut warna yang tergolong sebagai teknik sablon manual. Dengan bahan ini akan mempu mengubah warna dasar kaos. Bahan utamanya sendiri adalah bahan campuran superwhite dengan bubuk pendukung lainnya. Bubuk inilah yang mampu merubah warna dasar dari kain yang disablon. Bahan sablon ini cocoknya adalah untuk kaos yang berwana terutama kaos warna hitam dan kaos warna biru dongker. Yang istimewa lagi adalah kaos yang disablon dnegan cat glow in the dark yakni yang bisa menyala dalam gelap. Hal ini bisa diperoleh dengan tinta yang didalamnya ada kandungan fosfor yang bisa menyerap cahaya dan memancarkannya kembali. Tinta ini agar bisa dihasilkan dengan baik harus dikombinasikan dengan tinta yang lain yaitu sebagai mediasinya.

Tinta yang cukup bagus hasilnya adalah sablon beludru atau flocking. Sablon ini tergolong dalam sablon manual yang merupakan bahan sintetis dari plastik namun dpaat memberikan efek layaknya kulit yang memiliki serat. Kekurangannya, sablon beludru ini sifatnya masih sederhana atau hanya bisa diaplikasikan dengan satu warna saja dengan bentuk yang juga simple. Biasanya ketebalan hasil sablonan dengan bahan ini antara 1 sampai dengan 20 mm ydimana untuk membuatnya memerlukan mesin lain yaitu mesin heat press. Jika komposisi bahan yang digunakan pas maka bisa dihasilkan sablon beludru, Anda bisa mendapatkan jasa sablon kaos berkualitas dengan salah satu bahan ini. Da pula yang hampir sama yaitu sablon timbul atau puffy/foaming. Bahan yang digunakan adalah karet sehingga hasil sablonan akan timbul. Bahan yang digunakan ada dua macam yaitu yang berbahan dasar berminyak maupu berbahan dasar berair. Sayangnya, dari segi kualitas bahan ini kurang karena jika dicuci, ia hanya akan bertahan 8 sampai 10 kali cucian saja.

 

Masih banyak bahan lain yang sebenarnya bisa Anda jadikan sebagai referensi memilih jasa sablon kaos berkualitas. Bahan-bahan lain yang bisa Anda gunakan selain yang telah disebutkan di atas seperti glitter, foil, high density, hingga reflektif.  Dari bahan yang digunakan sebagai tinta, Anda bisa menilai keawetan dan kualitas dari gambar yang nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.