Inspirasi Motif Batik Untuk Seragam Kantor

batik

Saat ini penggunaan batik untuk pakaian sehari-hari sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Baik di kantor, di sekolah, maupun di instansi negeri biasanya memiliki seragam batik yang wajib digunakan pada hari-hari tertentu. Jika dulu batik dianggap kuno karena warnanya yang terlihat gelap, kini batik sudah naik tingkat menjadi kain tradisional Indonesia yang sudah go internasional. Karena hasil rancangan busana batik dari desainer-desainer Indonesia itulah tampilan batik yang kuno dapat diubah menjadi kain modern yang bisa digunakan dalam berbagai macam situasi. Sehingga kini dapat kita lihat banyak orang mengenakan batik dalam kesehariannya dan tidak lagi hanya dalam acara formal saja seperti saat acara pernikahan.

Kain batik saat ini juga sudah banyak sekali modifikasi warnanya, sehingga jika dahulu batik identik dengan warna gelap. Saat ini batik sudah memiliki beragam motif yang warnanya pun cantik. Sebagai kain tradisional Indonesia, banyak instansi swasta atau negeri menjadikan batik sebagai seragam. Karena saat ini batik sudah memiliki beragam warna, maka pemilihan warna batik dapat disesuaikan dengan identitas instansi tersebut. Motif batik juga dapat digunakan oleh siapapun baik laki-laki maupun perempuan. Karena itu penggunaan kain batik untuk seragam dalam instansi adalah pilihan yang tepat karena selain bisa digunakan untuk menyeragamkan penampilan seluruh anggota dalam instansi juga bisa digunakan sebagai representasi identitas dari instansi tersebut.

Namun ketika akan membuat seragam untuk seluruh karyawan, seringkali kita bingung motif batik yang seperti apa yang bagus dan cocok digunakan sebagai bahan pembuatan seragam. Memang di Indonesia ini banyak sekali ragam motif batik dari berbagai daerah. Namun ada beberapa motif batik pilihan yang paling banyak disukai untuk pembuatan baju seragam kantor maupun sekolah. Beberapa motif di bawah ini membantu Anda untuk tidak kebingungan dalam memilih motif.

  1. Motif Sekar Jagad

Motif batik sekar jagad berasal dari Yogyakarta. Warna aslinya adalah coklat gelap dengan banyak detail. Di balik detail motifnya terdapat makna keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihat menadi terpesona. Motif ini memiliki bentuk seperti gambar pulau-pulau sehingga ada pula yang menafsirkan bahwa sekar jagar itu adalah peta dunia.

Untuk Anda yang ingin memakai motif ini bisa menggunakan pilihan warna yang lebih cerah agar tidak terkesan formal look. Dibalik motifnya yang rumit ternyata menyimpan filosofi yang dalam. Jika usaha Anda atau instansi tempat Anda tinggal ingin berkembang ke seluruh dunia, mungkin seragam ini dapat menjadi representasi harapan tersebut.

  1. Motif Batik Solo

Motif batik Solo ini juga aslinya memiliki warna kecoklakan. Motifnya berupa lekukan-lekukan yang menggambarkan ketenangan sungai Bengawan Solo. Batik Solo ini cukup popular untuk dijadikan sebagai motif baju seragam kantor. Jika untuk penggunaan saat acara khusus warna coklat pada motif batik akan sangat terlihat mewah jika dijadikan sebagai bawahan. Namun disarankan untuk memakai warna yang lebih terang jika ingin membuatnya sebagai atasan baju seragam.

 

  1. Motif Batik Kawung

Motif batik kawung ini sudah banyak dimodifikasi oleh para desainer sehingga menjadi motif yang modern untuk digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Padahal motif kawung ini adalah motif batik tertua di Indonesia. Bahkan dahulu motif batik kawung ini hanya boleh digunakan untuk orang-orang kerajaan sebagai jarik untuk raja maupun permaisuri. Namun kini kita semua bisa menggunakannya dan membuatnya terlihat modern untuk dipakai sebagai baju seragam kantor. Motif batik seperti ini dapat dipadukan dengan kain polos sehingga terkesan unik untuk baju seragam kantor Anda. Motif kawung ini sebenarnya merupakan suatu gambaran dari buah kawung atau buah aren.

 

  1. Motif Batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan ini memang paling banyak ragam warnanya. Aslinya memang tidak hanya warna coklat atau putih yang digunakan. Namun juga memiliki warna yang jarang digunakan dalam pembuatan motif batik seperti biru, merah, atau ungu. Motif batik pekalongan ini menggambarkan flora dan fauna dengan detail warna warni yang menarik. Motif batik Pekalongan ini dapat menjadi pilihan untuk Anda jika ingin baju seragam Anda terlihat berwarna.

 

  1. Motif Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung banyak disukai orang karena motifnya yang simpel dan tidak terlalu banyak detail. Motif ini aslinya dari kota Cirebon dan sangat popular sekali di Indonesia. Tak jarang para desainer memilih motif ini sebagai bahan untuk membuat busana dalam ajang fashion show internasional. Sesuai namanya yaitu mega mendung, motif batik ini berbentung mega atau awan. Warnanya pun lebih colorful seperti biru tua, hijau, hingga merah tua, dan lainnya. Jika ingin baju seragam Anda terlihat simpel, maka motif batik ini dapat menjadi pilihan yang tepat dan cocok digunakan laki-laki maupun perempuan.

 

Beberapa motif batik diatas dapat Anda jadikan referensi untuk membuat seragam baju batik kantor, instansi, maupun perusahaan milik Anda sendiri. Karena setiap batik memiliki filosofi tersendiri maka usahakan untuk mencari informasi terlebih dahulu filosofi dibalik motif batik yang Anda pilih. Jangan sampai ketika Anda sudah terlanjur memilih suatu motif batik ternyata filososfinya tidak sesuai dengan filosofi perusahaan Anda.

Jika Anda ingin memiliki baju seragam batik maka akan susah jika Anda membelinya dalam bentuk langsung jadi di pasaran. Akan lebih mudah jika Anda membuat sendiri dengan memercayakan di pihak lain yaitu jasa konveksi murah. Abyad Apparel Pro merupakan jasa konveksi profesional yang menyediakan harga jasa konveksi murah dan sesuai dengan budget yang Anda anggarkan. Sehingga untuk keperluan pembuatan baju seragam kantor seperti ini Anda tidak perlu repot mengurusinya sendiri.

Di Abyad Apparel Pro ini semuanya serba mudah. Mulai dari proses pemesanan, proses pemilihan bahan, proses finishing, proses pembayaran, hingga proses pengiriman. Kemudahan tersebut diberikan Abyad Apparel Pro agar Anda tidak perlu repot lagi mengurusi keperluan konveksi yang merepotkan. Apalagi di Abyad Apparel Pro, harga jasa konveksi murah Jakarta yang ditawarkan sangat terjangkau. Bahkan jika Anda membeli dalam jumlah banyak maka Anda bisa mendapatkan potongan harga. Kemudahan dan kemurahan tersebut juga disempurnakan dengan servis yang memuaskan. Dimana ketika Anda memesan baju seragam dan terdapat cacat atau gagal produksi maka Anda akan menerima ganti produk yang rusak atau cacat tersebut. Apalagi di Abyad Apparel Pro juga dijamin pengerjaannya sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan, sehingga tak ada kata molor dan Anda tidak perlu khawatir lagi menunggu lama baju seragam pesanan Anda. Meskipun murah, kualitas yang diberikan pun tidak murahan. Anda bisa memilih sendiri bahan yang sesuai dengan keinginan Anda di jasa sablon baju Abyad Apparel Pro ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.