Yuk Belajar Secara Lengkap Cara Mengerjakan Sablon Kaos Manual

belajar sablon kaos manual

Kalau Anda ingin belajar sablon, sebaiknya Anda menguasai teknik sablon kaos manual!. Kali ini di artikel ini kami mengulas dari tahapan ada apa saja melakukan sablon sampai akhirnya jadi sablon kaosnya yang cocok bagi Pemula, Memang sablon baju ini mau tidak mau harus menghasilkan cetak sablon yang bermutu dan satu lagi yaitu sesuai dengan keinginan Anda maupun klien Anda, sebaiknya Anda perhatiin langkah-langkah proses sablon yah!.

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM MENYABLON

  1. Tahapan Pra Cetak, yang termasuk dalam tahapan ini adalah :

  • Proses Desain

Proses ini mengenai ide atau gagasan Anda misalnya saja desain kaos yang Anda cetak sablon itu temanya Islami, maupun K-pop dan lain-lain. Berarti nanti hasil sablonnya pun sesuai tema yang Anda angkat yah!. Untuk prosesnya sablon saja berarti dari desain anda miliki itu diolah menjadi Film / Klise Sablon.

  • Pembuatan Film / Klise Sablon

Setelah Anda mendapatkan desain langkah berikutnya yaitu mengolahnya menjadi Film / Klise Sablon.

  • Proses Stencil / Afdruk

Kalau Anda sudah memiliki Film / Klise Sablon, proses berikutnya yaitu memindahkan gambar / image yang tercetak di film sablon ini ke screen, proses ini sering disebut afdruk. Untuk menambah wawasan Anda proses afdruk screen yaitu proses photokimia, berarti ada proses kimiawi dari bahan yang bersifat peka cahaya.

  • Persiapkan Meja Kerja anda

Sebenarnya ini penting sih karena disaat mencetak nanti tidak akan terganggu deh, yuk dari sekarang mempersiapkan secara matang salah satunya siapin meja kerja Anda.

  1. Tahapan saat Cetak

Langkah ini Anda akan melakukan proses cetak lalu ada yang Anda harus perhatiin yaitu penggunaan teknik sapuan rakel yang benar. Berarti Anda sebaiknya memindahkan tinta ke media yang diinginkan melalui kain saring / screen secara baik dan benar yah! supaya hasil sablon kaos sesuai keinginan Anda.

Selain itu Anda juga perhatiin jenis tinta sablon yang terbaik karena tiap masing-masin tinta memiliki karakteristik yang berbeda, kenapa? Misalnya untuk jenis tinta waterbase ada 5 tipe tinta sablon yaitu:

  1. Tinta Rubber
  2. Tinta Transparan
  3. Tinta Extender
  4. Tinta Super White
  5. Tinta Puff/Timbul
  6. Tahapan Pasca Cetak

Nah tahapan ini yang Anda tunggu-tunggu dan pastinya Anda penasaran dong seperti apa hasil sablonnya kan?, kalau hasilnya jelek atau merasa kurang sebaiknya Anda serahkan ke ahli sablon kaos manual terbaik yang beralamat: JL. CIRENDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419, Indonesia. Yang bernama ABYAD APPAREL PRO pesannya lewat WA : 085715172960 / 085283830660 / BBM: D581BED0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.