Maternal Disaster Dari Ikut-Ikutan Hingga Menjadi Besar

Dalam sejarahnya pada kurun tahun 1996-1997 di Bandung terjadi fenomena di dunia streetwear atau dengan sebutan lokal distro. Pada saat itu banyak juga brand brand baru yang keluar dari yang mulanya hanya ikut-ikutan sampai bisa eksis hingga sekarang. Beberapa nama brand itu diantaranya seperti 347(unkl), No label, Airplane, Ouval research begitu juga dengan Material Disaster.

Maternal Diaster diresmikan labelnya pada tahun 2003, berawal dari ikut-ikutan siapa sangka Material Diaster, berhasil membesarkan brand pakaian dan aksesoris Maternal Disaster. Berawal dari kecintaannya dengan musik keras, dan pengalamannya yang sering nongkrongin distro-distro untuk berburu marchandise band.

Maternal Disaster awalnya dibawahi empat orang yang mempunyai kesenangan sama yaitu didunia musik, seiring dengan perjalanan waktu hubungan pun tidak selamanya baik, tentu merasakan lika-likunya, akhirny ada yang ditengah jalan keluar karena sudah beda visi dan misi akhirnya keluar, dan ada yang karena punya sakit tertentu hingg sampai meninggal, akhirnya sekarang tinggal berdua Vidi Nurhadi sebagai sisi kreatifnya dan Agan dibagian data.

Pada tahun 2003 para ownernya sedang- semangat-semangatnya untuk membangun bisnis ini, karena mereka merasa ini adalah passion mereka, sampai mereka tidak memikirkan resiko, untung atau rugi, yang penting buat-buat dan buat. Tidak pernah mikirin untung atau rugi, kalo untung bagus, kalo sampai tidak untung ya udah cari solusi lain misal jual barang biar bisa produksi lagi. Eh bro teryata bisnis itu gak cukup gitu doang ! ada hal penting dalam ilmu berbisnis atau sedang ingin membuka bisnis adalah menegemen.

Lahirnya Maternal sendiri bukan dari Vidi atau pun Agan, melainkan dari komunitas, yang pada zaman itu ada sebuah distro di kota Cimahi jadi tongkrongan anak-anak yang doyan hardcore punk, tongkrongan itu sendiri pun punya sense lebih terhadap musik dan berbagai macam hal seperti buku yang keren dari filsafat, film dan musik. Kemudian basistnya Milisi kecoa pernah nempel stiker bertuliskan “m473ern4l” dari sini lah muncul nama brand ini. Sedangkan spirit dari Maternal itu sendiri memang based on community, benang merahnya music dan ekstrim sport dari situ ke berbagai macam youth culture di belakangnya.

Perjalanannya dari 2003 sampai 2019 sudah berhasil melebarkan sayap melalui media online maupun offline, dia juga sasarannya di komunitas-komunitas yang punya kesenangan yang sama. Tidak terasa  17 tahun berdiri, Maternal tetap setia dengan dunia clothing ini dan berhasil mellebarkan sayapnya di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Malang, Yogyakarta, Bali, dan Medan.

Semangat dari Maternal Disaster, bukan dari pembeli dan kasir, namun minimal memperkuat komunitas di satu kota, seperti misal ada di Malang dan Jogja semakin kuat networkingnya itu sendiri sudah terbangun secara organik di komunitas-komunitas nya, jadinya berjalannya selain keren dan menyenangkan, paling utama adalah networking antar kota, antar teman, antar negara.

Sekarang produk-produknya Maternal sendiri bukan hanya T-shirt, jaket, tas, sepatu, kaoskaki sandal, jam, aksesoris tapi banyak juga yang lain seperti bola basket, bola futsal, parfum, satu set piyama, casing stik drum, papan skate, senter, aromatherapy, celana dalam, sarung tangan motor, sekop sampai perlengkapan tidur di perjalanan seperti bantal, earplug dan masker mata. Maternal juga di kenal dengan kolaborasi-kolaborasi nya dengan band, rapper, kolektif dan brand clothing lain.

Sangat menginspirasi sekali cerita dari bran Maternal Disaster ini, berawal dari hobi hingga menjadi bisnis dan eksis sampai sekarang. kalo kamu ingin buka usaha, kuncinya diawal harus punya tekad yang kuat dan tidak gampang menyerah, karena pasti akan banyak rintangan yang kita temui di setiap perjalanan merintis usaha tersebut dan jangan lupa sedikit pesan dari Maternal Disaster menegemen dalam berbisnis itu penting. Lanjut, buat  kamu yang terinspirasi juga untuk membuka usaha clothing  seperti Maternal Disaster untuk membuat brand sendiri, tentu bisa banget, dan banyak banget peluangnya. Bisa juga dengan memadukan ide dari hobi yang kamu suka.

Kamu bisa banget kerja sama dengan kami Abyad Apparel Pro  kami bisa membantu anda untuk mewujudkan mimpi anda membuka bisnis clothing dengan brand sendiri, sudah tentu kami terpercaya dan tidak akan menipu, bahkan sampai mengambil alih karya-karya yang sudah kamu buat. Kamu juga bisa konsultasi dulu buat memantapkan dan membulatkan tekadmu, bisa juga dengan melihat testi dari pelanggan kami di website Abyad Apparel Pro, dan jika kamu tertarik bisa langsung menghubungi kami melalui website atau bisa tanya-tanya dulu melalui SMS/WA di 081314460770.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.