5 kelebihan Bahan Cotton Bamboo Yang Harus Kamu Ketahui

Berbicara tetang kaos, dewasa ini menjadi trens fashion jaman Now. Jika kamu salah satu dari penggila fashion kaos, tentu kamu sudah tidak asing dengan barbagai macam jenis bahan kaos. Salah satu diantara bahan kaos yang sekarang mulai hits adalah Catton Bamboo. Awalnya bahan kaos catton bamboo sudah adaa jauh hari sebelum ketenarannya sekarang, perbedaan yang mendasar hanya saja terletak pada nama yang dipakai, kemudian pada pertengan 2014 kembali booming di kalangan perkaosan, karena bahan ini digadang-gadang menjadi bahan terbaik untuk kaos. Berikut adalah sample hasil produksi kaos cotton bamboo produski kami:

 

Jika diulas bahan ini juga sama dengan bahan combet yang mana berasal dari alam, dimana combet dari serat kapas, sedangkan bamboo dari serat bamboo. Keduanya juga mempunyai sifat yang hamper mirip sehingga orang lebih mudah menyebutnya dengan nama Cotton Bamboo. Berikut alas an mengapa catton bamboo menjadi pilihan:

  1. Anti bakteri

Jika melihat berdasarkan bahan pembuatannya yang terbuat dari bamboo, sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa bamboo, sudah bukan rahasia lagi bahwa bambu mempunyai zat alami “Penny Quinone” yang memang tidak disenangi oleh bakteri dan serangga. Sehingga jika kamu sedang banyak aktifitas diluar entah olah raga, atau sedang bekerja tidak usah khawatir jika keringatmu akan menjadi bakteri yang bersarang sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh.

  1. Daya serap tinggi

Disbanding dengan bahan kaos lainnya, serat bamboo mempunyai daya serap yang tinggi serta mempunyai kemampuan utuk menghilangkan tingkat kelembapan udara. Sehingga proses pengeringannya jauh lebih cepat.

  1. Anti sinar UV

Karakter dasar dari bahan cotton bamboo yaitu mempunyai daya tangkal terhadap radiasi, yang mana hal tersebut merupakan salah satu karakter dasar dari serat bamboo. Cotton bamboo diyakini dapat memberi perlindungan dari efek sinar UV hingga 97,5%.

  1. Bahan Ramah Lingkungan

Mengapa dikatakan ramah lingkungan, karena cotton bamboo dibuat dari serat bamboo yang dihasilkan oleh alam, apapun yang berasal dari alam maka akhirnya pun akan kembali kea lam juga. Bambu merupakan salah satu tumbuhan yang sangat cepat tumbuh dan hanya membutuhkan air hujan untuk tumbuh. Selain itu, bambu juga tidak perlu pestisida atau herbisisa untuk menjaga dari gangguan hama. Selain itu bambu juga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk berkembang, hal ini karena sifat tumbuhnya yang berkerumun di satu lokasi saja. Serta tidak ada perlakuan khusus dalam pelestariannya.

Setelah bahan ini berubah menjadi bentuk kain, ia masih mempunyai sifat mudah terurai, sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan lingkungan yang sulit diurai oleh alam.

  1. Nyaman Dipakai

Beberapa orang menyebut catton bamboo ini mirip dengan bahan Cashmere Wool, bahan ini sendiri ialah jenis kain wol yang terbuat dari bulu domba, mengapa bahan cotton bamboo disamakan dengannya ?, hal ini karena tekstur dari kain yang dihasilnya sangat nyaman dipakai, dan sangat ringan. Jika dibandingkan dengan catton combed sudah tentu  catton bamboo lebih ungul, hal ini lah yang menyebabkan gramasinya tidak terlalu besar.

 

Cukup sekian ulasan dari catton bamboo, semoga bermanfaat, tentu setelah ini kamu bisa bedain jenis kain yang baik dan bagus kuwalitasnya untuk kamu beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.